Sabtu, 16 Mei 2020

IYEV Camp 2018 bersama Grow to Give

IYEV Camp 2018 bersama Grow to Give

oleh; Farikha Amilahaq




Indonesian Youth Entrepreneur & Voluntary (I-YEV) Camp 2018 hanya berlangsung selama 3 hari. Itu hanyalah titik kecil dibanding 9.633 hari lainnya yang telah saya lalui. Akan tetapi pada tiga hari itu saya menemukan amat banyak momentum untuk titik balik diri saya.

Saya telah melewati fase berteman dengan cukup banyak orang yang memiliki beragam karakter, dari bayi hingga bekerja. Akan tetapi baru saya temui pemuda-pemuda luar biasa seperti mereka. Menemukan orang-orang yang memiliki kesadaran tinggi tentang hal-hal di luar diri mereka sendiri.

Di masa lalu, saya hanya bisa menegur teman-teman yang meremehkan hal kecil seperti membuang sampah sembarangan yang kemudian hanya dibalas dengan senyum. Di masa lalu, saya hanya bisa membatin apakah tepat jika terlalu banyak makanan tersisa sehingga saya hanya bisa berusaha untuk memakan lebih banyak dari jatah saya. Sampah yang dibuang mungkin hanya selembar bungkus permen, selembar tissu bekas membersit ingus, mungkin itu hanya noktah kecil, dosa kecil, dosa ringan dibanding seluruh hidup yang dilalaui seorang individu. Ya, itu hanya secuil sampah bungkus permen, satu miliyar sampah bungkus permen, begitu yang dikatakan satu miliyar orang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar