Indosat dan Telkom,
kedua provider terbesar di indonesia ini tentu saja berusaha memberikan
pelayanan terbaik untuk customer-customernya,
termasuk memberikan layanan Call Center yang bersifat 24jam*7hari. Nah buat
kamu Jobseeker yang pengen tahu lebih
banyak tentang call center 2 provider ini sebagai pembanding, silahkan simak
tulisanku. Insya Allah bisa membantu.
Minggu sebelumnya aku
ngirim lamaran ke Infomedia Solusi Humanika sebagai Call Center. Alhamdulillah
dalam 2 hari dapat panggilan tes. Buat yang belum tahu, menjadi Call Center di
PT Telkom, Garuda, BCA, BPJS, dan beberapa perusahaan lainnya mendaftarnya
lewat PT Infomedia Solusi Humanika sebagai perusahaan outsourcing.
Sementara itu untuk
jadi Call Center PT Indosat Tbk, kita bisa daftar ke PT Vads Indonesia. Tahap
pertama untuk melamar CC Indosat adalah melalui sms dengan format tertentu.
Untuk format dan nomornya, aku dapat dari web karir UNNES. Alhamdulillah ketika
aku sms segera dapat balasan untuk ikut tes esok harinya. (Senin tes di
Infomedia, Selasa tes di PT Vads. Rasanya jadi jobseeker aja jadwalnya padat. Hehe....).
Oh ya buat temen-temen
yang daftar CC Indosat lewat sms dan belum mendapatkan balasan, jangan merasa
gagal dulu. Sms yang kita kirim itu masuk ke sistem dan beberapa ada yang
langsung masuk di urutan teratas, beberapa ada yang masuk tapi di urutan bawah
atau tengah. Jadinya kita tidak bisa benar-benar tahu apakah kita tidak lolos
seleksi singkat lewat sms itu atau tidak. Tapi Mas-mas HRD.nya bilang yang
tidak masuk kualifikasi adalah yang IPK.nya di bawah 2,75. Jadi teman-teman
masih ada kemungkinan akan dipanggil untuk tes, entah kalau kapannya.....
TES
DI INFOMEDIA
Tes di hari pertama ada
3 tahap. Typing, interview HRD, dan
tes psikotes. Typing ini mereka
memakai software di mana kita harus mengetik beberapa paragraf dalam waktu
relatif singkat. Teks yang baru kita ketik akan langsung terkunci ketika kita
tekan spasi, sehingga tidak akan bisa merevisi teks yang baru saja kita ketik.
Jadi teman-teman harus benar-benar teliti dan fokus ya, dan jangan terburu-buru
menekan spasi. Minimal ½ teks yang ada diketik dengan benar untuk lolos dengan
kualifikasi bagus.
Tahap kedua adalah
interview HRD. Di interview ini akan ditentukan kita bakal ditempatkan di CC
perusahaan mana. Setahu aku Infomedia Semarang bekerjasama dengan BCA, Telkom,
BPJS, dan Garuda. Sepertinya juga, jika
kita bisa nego, kita bisa minta untuk preferensi tempat inginnya di mana.
Isi interview hampir
sama dengan interview HRD pada umumnya. Tipsnya adalah jangan pernah remehkan
tes apapun. Berlatihlah menyiapkan mental, perkenalan dengan Bahasa Inggris,
fokus hati dan pikiran untuk menunjukkan minat dan kesungguhan hati.
Tahap ketiga adalah
psikotes. Aku agak terkejut dengan pertanyaan-pertanyaan berupa pola yang aku
tidak bisa mengambil garis besar pola gambar itu, sehingga aku asal saja menjawab.
Soal-soal lainnya juga termasuk tipe-tipe soal psikotes secara umum. Ada tes
pauli dan soal pilihan karakter (beberapa sifat di mana kita harus menentukkan
yang kita banget dan bukan kita banget).
Setelah itu seharusnya
dalam hari itu kita bisa langsung interview User. Jika user dari perusahaan
masing-masing hadir. Kalau enggak ya pulang dulu....
TES
DI PT VADS (INDOSAT)
Ini hari pertama untuk
tes, yang sangat menyenangkan dibanding tes-tes yang pernah kujalani.
Di awal kami langsung
disodori kontrak kerja di mana menjelaskan semua hal tentang CC Indosat secara
terbuka. Dari ketika training, kontrak kerja, resign, rincian gaji, tunjangan, shift, hak dan kewajiban, cuti, ijin, dan yang paling menggiurkan
adalah Career Pad (jenjang karir yang bisa terus menanjak), bahkan pihak HRD
juga memberitahu secara sekilas tips supaya karir kita bisa cepat naik di CC
Indosat itu. Yah meskipun tetap di bidang CC dan masih kerja shift, jenjang
karir tetap menggiurkan kan supaya keadaan hidup kita semakin baik. Dapat
dibilang sang HRD memberikan presentasi secara mendetil perihal CC di Indosat.
Dengan mengetahui semua
itu kita bisa benar-benar memikirkan dari awal apakah kita akan siap atau
tidak. Keterbukaan di awal ini juga dapat mengurangi risiko karyawan resign dalam jangka dekat, atau batal
ttd kontrak padahal sudah lolos seleksi macam-macam. Jadi istilahnya jika kamu
tidak siap dengan sistem di CC Indosat, kamu bisa mendiskualifikasi job ini
dari daftar kerja yang kamu tuju.
Nah setelah diberi
penjelasan tentang semua isi kontrak, kami dijelaskan juga tentang ruang kerja
dan fasilitas-fasilitas kantor. Ini yang membuat aku bersemangat, ruang kerja
itu berada 1 lantai dengan meeting room
untuk kami para peserta tes berada, ada pantry (ada kulkas, oven, dispenser,
begitu kata mas HRD), rest room
(untuk kita yang butuh istirahat, atau pulang kemaleman, bisa stay di situ dulu, tentu saja ada batas
semu bagian untuk cewek dan bagian untuk cowok, ada cctv juga, jadi aman), dan playtools seperti meja biliyard, atau game lainnya. Bisa
dibilang fasilitas kantor untuk CC benar-benar mencerminkan jiwa muda yang
selalu beraktivitas. Aku bisa bayangin kerja di sana pasti asik banget, serasa
rumah sendiri (ada oven), serasa tempat bermain (ada game), serasa kalau lelah
ada tempat bersandar (restroom), dan
ada tempat mengadu juga (mushola). Hihihi.....
Nah di sini ditanya
lagi, masih kah siap dan masih bersedia untuk bergabung jadi CC Indosat. Kalau
ga mau ya udah, out...
Selanjutnya adalah tes
tertulis tentang 4 hal: Bahasa Inggris Listening,
Bahasa Inggris tertulis (termasuk membuat paragraf perihal hobi/kesukaan kamu),
pengetahuan tentang komputer (terutama Ms. Office-Word), dan pengetahuan
tentang teknologi (kemarin perihal iOS dan gadget).
Selanjutnya adalah tes
interview.
Di sini disuruh
perkenalan menggunakan Bahasa Inggris. Jadi siapkan dirimu supaya bener-bener
lancar. Karena ini benar-benar bisa jadi nilai ++++++. Kemudian pertanyaan umum
dari HRD, yang bisa kita googling
sendiri. Nah tantangan yang penting dan termasuk berat untuk kita orang daerah
adalah logat/medhok.
CC itu menjual suara,
jadi usahakan kita jangan sampai medhok
sedikitpun. Karena untuk telinga orang umum logat medhok sekecil apapun dapat terasa (gitu kata HRD.nya). Kita disuruh
membaca teks untuk mengtes apakah kita medhok
atau tidak. Jika medhok, ya out
deh....
Lebih lagi customer yang akan menelpon kita itu
warga Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Dari orang kelas elitttee
sampai orang sederhana/biasa. Ibaratnya kita harus bersuara dan berlogat perfect dan netral.
Tahap selanjutnya harus
dilewati adalah psikotes, dan interview user
yang mana akan dilakukan lewat telepon. Nah ini dia kenapa kita sangat tidak
boleh medhok, karena user ini dari Jakarta dan mereka akan
sangat peka (red-tidak biasa) dengan logat medhok
yang mana orang Jawa terbiasa gunakan. Padahal Jakarta itu di Jawa ya, tapi ga
tahu deh kenapa mereka sensi amat sampe medhok
1% aja mungkin bisa jadi masalah... zzzzz
Informasi
Umum SISTEM KERJA CC INDOSAT dengan INFOMEDIA
Setelah semua tes di
Indosat itu akan ada training selama 16 hari (dibayar kok). Perihal shift,
perempuan bisa aja dapet shift malam. Maksimal masuknya jam 10. Meski demikian
permasalahannya bukan hanya jam masuk kerja, tapi juga jam pulang. Bayangin ya
seumpama dapet jadwal masuk jam 15 dengan jam kerja 9 jam, berarti kan pulang
jam 24 a.k. 00.00. Siapa sih cewek yang berani pulang jam segitu. Cowok aja
bakal mikir-mikir. Nah dari sini untungnya ada restroom, pantry, dan playtools
di mana kita bisa dan boleh kok menghabiskan waktu di kantor sampai matahari
cukup terlihat untuk kita berani balik rumah. Atau kita bisa nginep di kos
teman.
Untuk yang masuk jam
22.00 (jam 10 malam) dapat tunjangan khusus, dan biasanya hari besoknya libur.
Slip gaji sebenarnya
juga bisa dicetakkan kalau kita minta ke bagian administrasi. Untuk gaji,
dengan berbagai rinciannya minimal karyawan dapat 1,7jt. Dengan tambahan
300ribu yang diberikan tiap 3 bulan sebagai prestasi karena masih bertahan di
situ (hihihi...). Tapi itu minimal lho. Kalau kita kerja kan kita jangan
bertumpu pada nilai minimal (meski sebenarnya nilai minimal itu masih tidak
mentaati peraturan UMK Kota Semarang sih.....).
If
you work hard you will get reward.
Jika kamu bekerja keras
kamu akan dapat penghargaan, maka dengan itu berkerja ya jangan biasa-biasa aja
karena hanya akan dapat nilai minimal, bekerjalah yang optimal. Meski aku juga
belum tahu sih gaji maksimal yang bisa kita peroleh. Atau berapa gaji jika
untuk tingkat atasnya kita (yang sudah dapat promosi ke CC bagian lebih
tinggi).
Oh ya untuk kenaikan
jenjang karir ini dinilai dari kinerja kita, bukan dari lamanya kita kerja di
sana. Karena itu kita harus bekerja keras supaya cepet naik posisi (yang
artinya gaji juga bisa lebih tinggi).
Sebenarnya setelah
membaca isi kontrak itu aku jadi tahu banyak, tapi kurasa cukup hal-hal penting
itu dulu yang aku share. Kalau semuanya aku share, tugas Mas HRD.nya berkurang dong. Hihihi.....
INFOMEDIA
Setahu aku CC tiap
perusahaan berbeda-beda kebijakan. Untuk Telkom sendiri terakhir aku dengar
1,6jt. Meski aku belum tahu rinciannya karena pihak Infomedia belum membuka
lembaran kontrak seperti yang sudah dilakukan PT Vads di awal. Kita juga belum
tahu ruang kerjanya seperti apa, fasilitasnya, dll dll.nya juga....
N.B.: seleksi di PT
Vads terasa lebih ketat, HRDnya juga cerita bahwa bisa saja dari 60 orang yang
diseleksi hanya 5 orang yang lolos sampai akhir. Meski demikian sebenarnya
kemungkinan PT Infomedia pun demikian, hanya saja memang tidak terbuka saja
dalam menginfokan hal-hal macam itu. Karena sepertinya seleksi/rekrutmen di PT
Vads dan PT Infomedia sama-sama sering.
di indosat interview juga pake b.inggris ya
BalasHapuskalo masih pasif gmn
Tidak selalu kok. Yang penting Bahasa Indonesianya dulu yang bagus, dnan tidak medhok.
HapusCall Center dpt dibilang ada beberapa divisi/bagian.
Untuk yg punya kemampuan speaking di Bahasa Inggris kemungkinan mereka bakal ditempatkan di bagian lain yg memang memerlukan kemampuan tsb.
Sampai sekarang mbak nya masih kerja jadi call center indosat? terus gimana mbak rasanya.. hehe
BalasHapusKebetulan di tes interview saya tidak lolos, karena masih agak medhok. hihihi....
HapusTapi saya mengenal 3 orang teman saya bekerja di CC Indosat Semarang, dan yg saya tahu sudah sekitar 2 tahunan mereka di sana. :)
Ada juga kenalan saya yg lainnya, hanya sekitar 3 bulan di sana, tapi alasan dia resign kalau tidak salah tuh bukan karena tidak betah, tapi karena rencana hidup dia.
Dulu ketika pengenalan CC Indosat sdh ditunjukkan fasilitas2 yg ada di kantor, dan reward. Jd menurut gambaran saya, insya Allah orang akan betah kerja di sana.
Meski begitu, sekalipun kita sudah merasa nyaman dengan pekerjaan kita, sekalipun jam kerjanya tidak seperti orang pada umumnya, terkadang faktor lainnya lah yang membuat kita harus melepas pekerjaan tsb.
Contoh kasus: Seumpama kita masih tinggal dengan orang tua kita, dan kita kerja di Call Center yang jam kerjanya pakai shift.
Orang tua mana coba yang tega lihat anaknya (apalagi perempuan), pulang malam, pulang pagi, hari Minggu kadang juga berangkat, tanggal merah berangkat, bahkan kalau lebaran ada kemungkinan kita tidak bisa mudik, tidak bisa kumpul keluarga. :')
Namanya kerja memang ada enak dan tidak enaknya, kita harus tetap istiqomah, dan memiliki visi ke depan supaya tetap tegar dan bertahan. :)
kan ada tes tentang kepribadian t mbak?? t ngaruh bgt dg kecocokan posisi yg kita pilih.. kira2 untuk kepribadian call center btuh apa saja mbk?
BalasHapusButuh skill komunikasi yang baik, butuh kesabaran karena akan banyak mendengan komplain yang bisa saja sangat menyakitkan (ortu kita aja ga pernah marahin kita sampai segitunya, tapi konsumen bisa marah-marahin kita habis-habisa, TT), jadi jangan gampang baper. hehe..
HapusMba untuk waktu tunggu training itu brp lama yah?
BalasHapuscepet kok. Mereka orang2 yang butuh cepat, dan bergerak cepat.
HapusMb terus sekarang dimana? Apa yang di informedia nya lolos?
BalasHapusEnggak lolos. hehe... mungkin di sesi wawancara saya berharap terlalu tinggi terhadap infomedia...
HapusTapi teman saya ada yang di sana, sudah hampir setahun ini dijalani dengan ikhlas. :)
temennya yg di infomedia telkom suruh share disini mbak, buat gambaran saya karna besok dapet jadwal tes cc disana hehe
BalasHapusKlo training masih di saring lagi gk ya
BalasHapusGi mana proses interviu cc di indosat ? Hehe
BalasHapussaya sudah melewati berbagai tahapan di pt infomedia kota malang.
BalasHapussetelah administrasi, interview awal, interview user, dan psikotes
untuk interview setidaknya kita dituntut mampu berbahasa asing (inggris) minimal pasif, sedangkan di interview user kita dihadapkan pada teks yang mana kita akan baca tanpa dengan logat daerah atau intonasi dan tempo yang cukup informatif.
untuk psikotes ada 4 alat psikotes seperti pola gambar, menggambar dari pola yang sudah di tentukan dll
jika tahapan tahapan sudah diterlewati, maka kita akan dapat panggilan untuk pelaksaan training
terima kasih kesempatan berbagi infomasi dan pengalamannya. semoga bermanfaat
Mba Olavia sudah kerja di pt infomedia kah sekarang?
HapusSekedar sharing, memang resikonya tanggal merah itu tetep masuk :( terutama hari raya .. dan untuk saya yang bekerja di online payment masuk di hari libur biasa itu kita dikasih 250rb/hari dan 500/rb di hari besar / hari raya .. dan biasanya ini jadi rebutan lho. Untuk gaji, saya mendapat gaji take homepay 5.xxx.xxx . Sekedar saran jika memang berminat di call center / customer service atau apalah itu hehe usahakan untuk belajar dan bisa b.inggris karena itu penilaian yang sangat penting sekali.
BalasHapusThanks
Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat sekali. jangan lupa untuk mengunjungi web kami di Toko Alat Drumband Pasuruan
BalasHapussalary nyaa brp mbak
BalasHapus